Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE) 2016

Aplikasi Elektronik Sasaran Kerja Pegawai (e-SKP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah aplikasi yang digunakan untuk menghitung kinerja dari seorang pegawai dalam jabatan yang diampunya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses perhitungan realisasi SKP mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS yang Ketentuan Pelaksanaannya sudah diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nomor 1 Tahun 2013. Aplikasi SKP meliputi proses penyusunan SKP dan realisasinya, penilaian perilaku kerja, dan menampilkan hasil kinerja dari masing-masing pegawai.


Aplikasi SKP dapat diakses menggunakan web browser seperti internet explorer, firefox, dan crhom pada laman http://skp.sdm.kemdikbud.go.id. Pegawai yang dapat menggunakan aplikasi SKP adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak terkecali SKP PNS Guru yang tercatat dalam database kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk melakukan pembaruan database kepegawaian tersebut dapat dilakukan oleh user dari pengelola kepegawaian di masing-masing unit kerja yang ditunjuk melalui laman http://data.sdm.kemdikbud.go.id.

Periode Pengisian SKP dilakukan pada awal tahun di bulan Januari yaitu pada minggu 1 s.d. 3 dan Persetujuan Pejabat Penilai dapat dilakukan pada minggu terakhir bulan Januari. Sistem akan secara otomatis menyimpan hasil SKP pada tahun sebelumnya saat berganti tahun penilaian.

Panduan ini disusun untuk mempermudah pegawai dalam menggunakan Aplikasi e-SKP tersebut. Panduan disusun menggunakan pendekatan proses dalam membuat SKP sehingga diharapkan mudah diikuti untuk pengoperasian e-SKP. Panduan ini antara lain memuat tentang perekaman data SKP, memulai Aplikasi e-SKP, membuat Rencana SKP, realisasi Capaian SKP, Penilaian dan Validasi Pegawai, dan persetujuan Realisasi Capaian Kerja Pegawai.

Aplikasi e-SKP sebagai aplikasi baru yang dikembangkan tentunya masih banyak terdapat kekurangan, untuk itu masukan terhadap perbaikan dan penyempurnaan Sistem sangatlah diperlukan. Semoga Aplikasi e-SKP ini dapat membantu Unit Kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menyiapkan pekerjaan berbasis kinerja.

1. Pengisian Rencana SKP

SKP ini tidak hanya untuk jabatan fungsional saja, jabatan struktural jga ikut mengisinya juga. Dalam membuat Rencana Sasaran Kerja, pegawai harus melengkapi isian Formulir Rencana Sasaran Kerja Pegawai yang tersedia pada menu Rencana SKP. Rencana Sasaran Kerja Pegawai merupakan kontrak kerja pegawai dalam 1 tahun anggaran. Sebelum melengkapi isian tersebut pastikan bahwa Jabatan yang tertera sudah sesuai dengan nama Jabatan Anda. Untuk melihat detil data anda silahkan klik pada menu Lihat Profil, jika terdapat data yang tidak sesuai silahkan hubungi unit kepegawaian anda untuk memperbaiki data tersebut.

Pada bagian pertama formulir, terdapat nama Anda pada kolom Pegawai Yang Dinilai dan nama Atasan Langsung yang menilai atau Pejabat Penilai. Pada bagian kedua, terdapat kolom isian Kegiatan Tugas Jabatan, AK, Kuantitas/Output, Kualitas/Mutu, Beban Kerja, Waktu, Biaya, dan Aksi.

Berikut penjelasan dari masing-masing kolom isian:
Kegiatan Tugas Jabatan, akan terisi secara otomatis dari uraian kegiatan tugas jabatan sesuai dengan jabatan Anda.
AK, diisi oleh pegawai dengan jabatan fungsional tertentu. Yaitu target angka kredit yang ingin dicapai dari setiap uraian kegiatan tugas jabatan. Masukkan angka dengan decimal point, gunakan tanda . (titik). Contoh: AK: 2.95 .

Kuantitas/Output, diisi dengan nilai target yang ingin dicapai selama 1 tahun dan output dari kegiatan tersebut. Contoh Kuantitas: 50, Output:

Laporan/Dokumen/Berkas/Data/Modul/lainnya. Kualitas/Mutu, diisi dengan kualitas yang dapat dicapai dari target masing- masing uraian kegiatan tugas jabatan. Contoh: Kualitas:100 (1 – 100)

Beban Kerja, diisi dengan rata-rata jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan dari setiap output kegiatan dari uraian kegiatan tugas jabatan tersebut. Nilai yang dimasukkan dalam satuan menit. Contoh: kuantitas = 100 data, beban kerja= 5 menit/data, maka akan dihitung oleh sistem menjadi = 100 x 5 menit = 500 menit / 8 jam 30 menit

Waktu, diisi dengan kurun waktu dari kegiatan tugas jabatan tersebut dilaksanakan. Diisi dalam satuan bulan, misal: 1 bulan,2 bulan, 3 bulan ...,12 bulan.

Biaya, diisi dengan nilai rupiah yang akan dikelola. Masukkan dalam bentuk angka tanpa tanda . (titik) atau , (koma). Contoh: 1000000.

Setelah selesai melakukan pengisian Formulir Rencana Kerja Sasaran Pegawai, klik menu Update Kegiatan Tugas Jabatan di sebelah kanan bawah pada bagian kedua untuk menyimpan.

2. Pengisian Target Bulanan Rencana SKP

Setelah selesai melakukan pengisian rencana SKP Anda, maka pada bagian kedua kolom paling kanan Formulir Rencana SKP akan tampil ikon Aksi. Klik pada ikon tersebut untuk melakukan pengisian target bulanan dari setiap kegiatan tugas jabatan.

Pada tampilan di atas terdapat kolom isian Bulan, Target, Keterangan, dan Aksi.
Berikut penjelasan dari masing-masing kolom isian:
Bulan, pilih bulan yang menjadi target penyelesaian dari kegiatan tugas jabatan. contoh: Januari, (Januari – Desember).
Target, isikan dengan target penyelesaian tiap bulannya atau pada bulan tertentu dari jumlah total kuantitas yang telah ditetapkan selama 1 (satu) tahun. Contoh: Total jumlah kuantitas 300 data, ditetapkan target pada Februari=50 data, Maret=50, April=50, dst. Sampai dengan jumlah total terpenuhi.

Lihat video yang berhubungan

Keterangan, isikan keterangan dari output yang akan dihasilkan pada bulan tersebut. Contoh: Laporan Hasil Perawatan Server Persuratan. Pilih tombol Tambah Target Perbulan, untuk menyimpan target yang telah ditetapkan. Untuk melakukan perbaikan terhadap target yang telah ditetapkan pilih ikon edit pada kolom Aksi

Tidak berbeda dengan aplikasi sebelumnya hanya beda tampilan saja berikut ini alamat download tutorial Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE) 2016

Comments