Wednesday, March 8, 2017

Membuat Kartu Ujian dengan Aplikasi yang Amat Simple

Kegiatan ujian sekolah merupakan agenda kegiatan yang pasti ada dan selalu diselenggarakan dengan tujuan untuk mengukur sejauh mana kompetensi yang diajarkan diserap oleh siswa. Selain itu kegiatan ujian bisa dijadikan alat evaluasi bagi guru untuk mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar. Untuk ujian sekolah biasanya diadakan disaat siswa berada pada kelas yang paling tinggi dalam suatu lembaga bila di lembaga SD tentu yang mengalami kegiatan ujian sekolah ya untuk siswa kelas 6, begitu untuk lembaga SMP dan SMA jelas kelas III. Ujian sekolah merupakan salah satu penentu dalam kelululusan siswa.
APLIKASI KARTU UJIAN SIMPLE
APLIKASI KARTU UJIAN SIMPLE

Berkaitan dengan kegiatan administrasi ujian sekolah biasanya dari panitia ujian nasional maupun propinsi sudah mengedropkan ke sekolah sekolah. Namun terkadang dalam kegiatan serupa misalnya TRY OUT dilembaga tidak diberi kartu ujian. Agar siswa sudah terbiasa dengan ketertiban administrasi ujian, maka seyogyanya bila mulai dari kegiatan TRY OUT hingga UJIAN SEKOLAH sudah dibiasakan dan disediakan dengan kartu peserta ujian.

Selain itu dalam aplikasi ini nantinya tidak  hanya bisa digunakan untuk kelas akhir saja namun juga bisa digunakan untuk kelas kelas lainya sehingga anak sudah terbiasa tertib dengan membawa kartu ujian saat ulangan tengah semester, ulangan semester dan lain sabagainya. Hasil cetakan dari aplikasi tersbut juga bisa digunakan untuk identitas yang ditempelkan di bangku siswa, sehingga siswa tidak akan duduk sembarangan saat ulangan. Diharapkan dengan menggunakan kartu ujian, pelaksanaan evaluasi siswa berjalan dengan tertib dan lancar, serta tidak ada anak yang berebut kursi juga letak kursi sesuai juknis.

Aplikasi Kartu Ujian Simple

Untuk itu Admin ingin mengulas sebiah aplikasi yang berkaitan dengan kartu ujian. Sebelumnya Admin pernah juga mengeshare aplikasi kartu ujian malahan juga bersama ada fotonya, dan sekarang ingin berbagi juga yang lebih simple sehingga tidak begitu menyulitkan guru dalam pembuatannya.

Sebelumnya silakan lihat tampilan aplikasi yang akan saya share di sini

Kalau kita lihat ternyata aplikasi ini hanya terdiri dari 3 sheet, sheet yang pertama yaitu tampilan depan (HOME) kemudian DATA SISWA yang berisi nomor, nama murid alamat dsb dan yang terakhir adalah kartu ujian siswa itu sendiri yang sudah siap cetak. Logo yang tersediapun bisa dirubah disesuaikan dengan keadaan lembaga.

Agar lebih memudahkan Anda dalama mengerjakannya silakan telusuri video dibawah ini

Semoga dengan kehadiran aplikasi ujian sekolah yang cukup simple ini guru maupun operator dapat terbantu dalam mensukseskan kegiatan evaluasi atau ujian siswa di sekolah
Semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon