Saturday, March 4, 2017

Panduan Praktis SMK FULL DAY

Melaksanakan SMK sistem fullday adalah memastikan semua proses yang telah disepakati dapat berjalan secara konsisten, sistemik dan terus menerus mengalami perbaikan-perbaikan. Kepala sekolah dan guru sebagai garda terdepan dalam mengawal terlaksananya SMK sistem fullday menjadi faktor kunci keberhasilan sistem ini. Dukungan dan bimbingan dari luar sistem sekolah juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Pemerintah sebagai pembina dan penjamin mutu SMK sistem fullday memiliki peran yang sangat strategis untuk selalu memberi arah dan memberikan penguatan di setiap lini proses di sekolah. 
Panduan Praktis SMK FULL DAY
Panduan Praktis SMK FULL DAY

Panduan praktis yang tersusun ini merupakan panduan global bagi sekolah untuk mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi SMK sistem fullday. Walaupun tidak sempurna dan sedetail seperti yang diharapkan, panduan praktis dapat disempurnakan sesuai dengan kekhususan sekolah masing-masing. Prasyarat dan kondisi dasar yang dibutuhkan dalam melaksanakannya adalah sangat bergantung dari kesadaran dan kepedulian semua pelaku, pemerhati, orang tua akan pentingnya menyiapkan masa depan anak bangsa menjadi manusia yang produktif dan kompetitif. Semoga panduan ini adalah menjadi bagian kepedulian masa depan bangsa ini, bangsa Indonesia.

Secara de facto banyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia yang sudah menerapkan sistem fullday school. Penerapan sistem ini didasarkan pada kebutuhan capaian pembelajaran di setiap kompetensi. SMK sistem fullday dapat dilihat pada hampir semua pembelajaran kejuruan terutama praktik sudah menggunakan sistem blok atau semi blok. Selain itu pembelajaran di SMK dilaksanakan di dalam dan atau di luar sekolah dalam hal ini Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) serta pembelajaran dilakukan di dalam jam formal di luar jam formal. 
Bahkan di beberapa sekolah ada yang harus masuk malam karena menyesuaikan dengan perilaku praktik yang dibutuhkan, misalnya praktik pemijahan benih ikan harus dilakukan pada malam hari. Ada beberapa definisi tentang fullday school. Menurut Baharudin (2009:231) fullday school mempunyai beberapa keunggulan yaitu siswa akan mendapatkan pendidikan umum dan pendidikan keIslaman serta dapat mengembangkan potensi siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler. Hasan (2006:111) menegaskan fullday school bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi kepribadian siswa dengan lebih seimbang. 

Berikut ini salah satu preview SMK FULL DAY
Sedangkan menurut Nur Asni Alfiana Alfiah (2014) menjelaskan sekolah model fullday school dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan tingkat penyesuaian sosial. Sementara itu Budi Winarni (2015) menengarahi adanya pengaruh antara penerapan fullday school terhadap kedisiplinan siswa. Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa fullday school adalah model sekolah yang menerapkan pendidikan yang dapat mengembangkan seluruh potensi siswa dan meningkatkan kecerdasan emosional dan tingkat penyesuaian sosial yang dilakukan sehari penuh.


EmoticonEmoticon